by

NFT, Cryptocurrency dan Mobile Legends?? Anak Muda Kupang perlu tahu!!

 Dewasa ini, semakin banyak game -game yang mengeluarkan NFT sebagai item yang dapat diperjualbelikan, Apa itu NFT?
Sebelumnya, Non-Fungible Token atau sering disingkat NFT menjadi tren yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia sendiri, baru-baru ini NFT menjadi salah satu perbincangan hangat karena banyak publik figur dan pejabat yang masuk ke dunia ini.

NFT mulai dikenal pada tahun 2017 saat game NFT, yakni Crypto Kitties diluncurkan. Di situ, pengguna bisa bermain game dengan basis blockchain Ethereum. Mereka bisa mengadopsi, memelihara hingga memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual.

Beralih ke pengertian singkat, NFT adalah aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT.

NFT umumnya muncul dengan format digital, seperti JPEG, PNG, GIF dan yang lainnya. Jika Anda sudah memiliki aset NFT, Anda bisa menggunakannya untuk barang jual beli dengan baik dan bijak. Anda bisa mulai menjualnya dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT.

Barang yang dapat dijual dalam bentuk NFT bisa berupa karya seni, game dan lainnya. Dokumen pun bisa sangat mudah untuk diubah menjadi NFT. Tentunya, harga jual akhir karya Anda akan bergantung dengan faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas dan reputasi.

Sama seperti NFT, cryptocurrency juga menjadi salah satu perbincangan di dunia dan menjadikannya salah satu aset investasi yang cukup populer. Meskipun NFT dan crypto sama-sama merupakan aset digital, lantas apa perbedaan antara keduanya?

NFT adalah semacam token yang tidak dapat ditukarkan, biasanya ditemukan di dalam teknologi blockchain. NFT meski sudah ada sejak 2014, tetapi popularitasnya semakin meningkat pada 2020-2021. Setelah itu, semakin banyak orang yang tertarik dalam melakukan transaksi NFT di berbagai platform.

Dilansir dari CNN, Kamis (20/1/2022), NFT adalah bagian dari konten digital yang ditautkan ke blockchain, atau basis data digital yang juga menopang cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum. NFT biasanya digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital dan dapat berbentuk GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, kulit video game, real estat virtual, dan banyak lagi.

Apa itu cryptocurrency?
Cryptocurrency atau mata uang kripto, sering disebut juga aset kripto atau crypto adalah sebuah mata uang digital atau aset digital yang tengah cukup populer dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari Investopedia, Kamis (20/1/2022), cryptocurrency atau crypto adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan ganda. Banyak cryptocurrency adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain atau buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda.

Fitur yang menentukan dari cryptocurrency adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Negara-Negara besar mulai menggunakan cryptocurrency sebagai salah satu alat tukar dalam perdagangan mereka seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, China dan India dan beberapa negara eropa lainnya.

Perbedaan


Hal yang membedakan antara NFT dan cryptocurrency adalah aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum dapat dipertukarkan, artinya dapat diganti atau ditukar dengan aset lain yang identik dengan nilai yang sama, seperti uang dolar atau crypto lainnya. Sedangkan NFT adalah sebuah aset yang unik dan tidak dapat saling dipertukarkan, atau dalam kata lain tidak ada dua NFT yang sama. NFT menciptakan kelangkaan di antara aset yang tersedia tanpa batas, bahkan ada sertifikat keaslian untuk membuktikannya.

Seiring dengan semakin meluasnya perdagangan NFT, Moonton selaku distributor game Mobile Legends juga merilis sejumlah NFT berdasarkan karakter game tersebut. Bertemakan The Aspirants, deretan koleksi NFT Mobile Legends ini sudah tersedia di platform Binance.

Koleksi NFT perdana Moonton ini terinspirasi dari skin bertemakan anime untuk karakter Layla dan Fanny di dalam gim Mobile Legends. Disebutkan, perusahaan menjual total 25.000 mystery box yang masing-masing memiliki peringkat, seperti Super Super Rare (SSR), Super Rare (SR), Rare (R), hingga Normal (N). Selain itu, Moonton juga membatasi masing-masing pengguna hanya bia membeli maksimal 100 boks The Aspirants tersebut. Setiap pembelian, player bisa mendapatkan emoji NFT Miss Hikari Layla atau Blade of Kibou Fanny dengan jumlah terbatas dari 100 hingga 50 untuk masing-masing hero.

 

Chatting dan berbagi dompet digital?

Kedepannya, Menerima dan mengirimkan aset kripto  kini bakal semakin mudah. Pasalnya, aplikasi berkirim pesan WhatsApp telah meluncurkan fitur terbaru untuk pembayaran (payment) kripto di aplikasi mereka.

Dengan adanya fitur ini, para pengguna WhatsApp dapat menerima dan mengirimkan uang kripto secara langsung tanpa harus keluar dari aplikasi layaknya berkirim pesan seperti biasa.

Ya, transaksi tersebut bisa dilakukan dalam ruang chat WhatsApp dan menggunakan dompet digital dari Meta (sebelumnya bernama Facebook) yang bernama Novi. Novi sendiri baru diluncurkan oleh Meta pada Oktober 2021 lalu.

“Orang-orang dapat menggunakan WhatsApp untuk mengirimkan uang kepada orang yang dicintai, sekarang Novi akan membantu mereka untuk melakukannya dengan aman, instan, dan tanpa biaya,” tulis CEO WhatsApp, Will Cathcart di akun Twitter @wcathcart.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed