oleh

Durian Musang King Asal Lumajang, Berapa Harganya?


Jakarta, CNN Indonesia

Tak perlu pergi ke Malaysia untuk mencicipi durian Musang King. Durian satu ini kini dapat dibeli di Lumajang, Jawa Timur.

Seorang petani di Lumajang berhasil membudidayakan varian durian Musang King setelah empat tahun menanamnya.

Durian Musang King sendiri merupakan durian asal Malaysia yang begitu populer. Cita rasanya yang luar biasa membuat harga durian satu ini selangit.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rohmatullah (43), warga Desa Denok, Kecamatan Lumajang menanam durian jenis ini di atas lahan seluas 1/4 hektar sejak 2019 lalu. Saat ini, durian tersebut telah memasuki masa panen.

Rohmatullah mengatakan, durian ini memang akan memasuki masa panen setelah empat tahun. Pohon dapat kembali berbuah setiap delapan bulan.

“Jadi, durian Musang King ini lebih cepat panen dibandingkan durian lokal,” ujar Rohamtullah, Jumat (10/11), mengutip detikJatim.

Durian ini dinilai memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan durian lokal. Dagingnya lebih tebal, rasanya pun manis dan legit.

“Durian Musang King ini lebih manis, legit, dan dagingnya tebal. Saya datang langsung ke kebun karena buah duriannya masak, pohon dan buahnya fresh,” ujar Riski, salah satu pembeli durian Musang King asal Lumajang.

Setiap satu buah durian Musang King bisa mencapai berat 2 kilogram, dengan harga Rp175 ribu/kg.

Di negara asalnya, Malaysia, durian ini dikenal dengan sebutan mao shan wang atau yang berarti ‘raja kucing’.

Diperkenalkan pada 1990 silam, durian ini punya daging berwarna kuning yang mencolok, tebal, lembut, manis sedikit pahit, dan biji berukuran kecil.

Warga menamainya dengan sebutan ‘musang king’ karena lokasi pohon induknya yang berada di dekat Gua Musang, Kelantan, Malaysia.

Harga durian Musang King juga terbilang tinggi. Harganya bisa melonjak saat dijual di negara lain di luar Malaysia.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *