oleh

5 Museum di Jogja Dekat Malioboro yang Menarik untuk Dikunjungi


Jakarta, CNN Indonesia

Malioboro merupakan kawasan wisata di Jogja yang selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain toko oleh-oleh, terdapat juga museum di Jogja dekat Malioboro yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan mengunjungi museum, Anda bisa mengajak buah hati untuk berwisata edukasi sekaligus mempelajari sejarah dan budaya.

Rute dan akses menuju museum-museum ini juga cukup mudah sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga jika Anda sedang berada di kawasan Malioboro.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut lima museum di Jogja dekat Malioboro yang dapat menjadi pilihan wisata.

1. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta berjarak sekitar 2 kilometer dari kawasan Jalan Malioboro, tepatnya di Jalan Sutomo 13 A, Bausasran, Yogyakarta.

Museum yang buka setiap hari dari pukul 09.00-15.00 WIB ini memiliki 1.200 koleksi bersejarah meliputi kain batik, alat, serta perlengkapan membatik.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Museum Batik Yogyakarta dapat mengunjungi website-nya di museumbatik.com, akun Instagram resminya @museumbatikyogyakartaofficial, atau bisa juga menghubungi melalui WhatsApp di 085809047810.

2. Museum Benteng Vredeburg



Museum di Jogja dekat Malioboro yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Museum benteng Vredeburg (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)



Museum Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibangun pada 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Di dalamnya terdapat koleksi adegan peristiwa sejarah berbentuk diorama.

Terdapat empat ruang diorama di museum ini yang setiap ruangnya menggambarkan peristiwa yang berbeda, seperti Perang Diponegoro, Proklamasi Kemerdekaan, Perjanjian Renville, dan peristiwa di masa Orde Baru.

Museum Benteng Vredeburg beralamat di Jalan Mulyo Nomor 6, Ngupasan Gondomanan, Yogyakarta atau sekitar 900 meter dari kawasan Malioboro.

Museum ini buka dari Selasa hingga Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 081226099292 atau kunjungi akun Instagram resminya di @museum.benteng.vredeburg.

3. Museum Kereta Kraton Yogyakarta

Museum di Jogja dekat Malioboro berikutnya adalah Museum Kraton Yogyakarta. Museum ini beralamat di Jalan Rotowijayan Nomor 2, Yogyakarta atau sekitar 3,6 kilometer dari Jalan Malioboro.

Seperti namanya, museum ini menyimpan sekitar 23 koleksi kereta kuda yang di antaranya masih digunakan untuk upacara kebesaran Keraton.

Koleksi yang paling menarik adalah Kereta Kyai Garuda Yaksa yang dibuat pada 1861 di Belanda. Kereta ini dianggap sakral sehingga harus ‘dimandikan’ setiap satu tahun sekali pada Bulan Suro.

Jika tertarik mengunjungi museum ini, Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB.

4. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta beralamat di Jalan Rotowijayan Nomor 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Museum ini berjarak sekitar 3,6 kilometer dari kawasan Malioboro.

Museum Keraton memiliki ciri khas pada bangunannya yakni bergaya arsitektur Jawa. Di dalamnya menyimpan beragam koleksi budaya dan juga sejarah, seperti peralatan rumah tangga, keris, tombak, wayang, naskah kuno, foto, yang di antaranya sudah berusia ratusan tahun.

Untuk waktu operasional, Museum Keraton Yogyakarta buka setiap hari Selasa sampai Minggu, pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

5. Museum Sonobudoyo



Museum di Jogja dekat Malioboro yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Museum Sonobudoyo (Detikcom/Vattaya Zahra)



Beralamat di Jalan Pangurakan Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan, Museum Sonobudoyo ini memiliki koleksi benda tentang kebudayaan Jawa yang lengkap. Lokasinya sekitar 1,3 kilometer dari kawasan Malioboro.

Terdapat lebih dari 40 ribu benda bersejarah dan penting ada di tempat ini. Museum ini juga memiliki bangunan berbentuk gapura ala kerajaan kuno yang cantik sebagai latar berfoto.

Museum ini buka pada Selasa sampai Minggu, pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi akun Instagram @sonobudoyo.

Itulah lima museum di Jogja dekat Malioboro. Selamat berwisata!

(juh)

[Gambas:Video CNN]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *